Fikry Hadi Purwanto, 201000090 (2025) UPAYA SMPN 1 WARUNGKIARA ATAS WANPRESTASI BARANG DAN JASA CV FAHISTA CEMERLANG YANG DIKAITKAN DENGAN TANGGUNG JAWAB KONTRAKTUAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
A. COVER.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
F. BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
G. BAB II.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
H. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
![]() |
Text
I. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
![]() |
Text
J. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
![]() |
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
Pengadaan barang dan jasa melalui platform SIPlah adalah salah satu upaya pemerintah untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Meskipun sistem ini dirancang untuk memudahkan transaksi antara satuan pendidikan dan para pelaku usaha, tetapi pada kenyataannya masih terdapat beberapa persoalan yang merugikan pihak konsumen. Salah satu permasalahan yang ada dan akan dibahas dalam penelitian ini adalah wanprestasi yang dilakukan oleh CV Fahista Cemerlang terhadap SMPN 1 Warungkiara. Dalam hal ini, pihak sekolah mengalami kerugian akibat pengiriman barang yang tidak sesuai dengan pesanan serta tidak adanya informasi yang jelas dari pelaku usaha. Penelitian yang bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum bagi konsumen dalam kasus wanprestasi ini menggunakan metode deskriptif-analitis dengan pendekatan yuridis normatif. Peneltiian ini juga dikaitkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Data-data yang dikumpulkan melalui studi pustaka, dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha tidak memenuhi kewajiban kontraktual sehingga menimbulkan kerugian sebesar Rp16.480.000 bagi SMPN 1 Warungkiara. Pihak sekolah telah menempuh upaya hukum dengan mengacu pada prinsip tanggung jawab kontraktual, namun belum memperoleh penyelesaian yang adil. Sebagai tindak lanjut, dilakukan penyuluhan berkelanjutan terkait penggunaan aplikasi SIPlah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada operator sekolah agar mereka lebih memahami prosedur serta hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Kata Kunci: Wanprestasi, Tanggung Jawab Kontraktual, Perlindungan Konsumen, Pengadaan Barang dan Jasa iv
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2025 |
Depositing User: | Lilis Atikah |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:07 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |