STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SIDO MUNCUL OFFICIAL MELALUI SHOPEE LIVE (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Sido muncul Official Melalui Shopee Live)

Putra Pratama Yusuf, Ray (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SIDO MUNCUL OFFICIAL MELALUI SHOPEE LIVE (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Sido muncul Official Melalui Shopee Live). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
TESIS RAY FIX 2.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Sido Muncul Official dalam memanfaatkan platform Shopee Live. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana fenomena live shopping pada e-commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan adalah teori STOP and SIT oleh (Dave Chaffey,2019) yang mencakup Segmentation, Targeting, Objectives, Positioning. Sequence, Integration, dan Tools. Subjek penelitian adalah tim Sido Muncul Official meliputi Informan Pendukung yaitu Host Live, Operator, Project Manager, Business Development, dan Konsumen. Lalu informan ahli yaitu Digital Marketing Spesialis Boleh Dicoba Digital. Dan yang terakhir yaitu informan akademisi yaitu Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unpas. Objek penelitian mencakup pemahaman tentang bagaimana Strategi komunikasi pemasaran dipraktikan dalam Live commerce atau Shopee Live. Penelitian ini akan mencakup juga strategi, konten kreatif dalam live streaming hingga komunikasi yang dilakukan pada saat live berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang strategi komunikasi pemasaran perusahaan perlu memahami pentingnya perencanaan yang matang dan pemilihan strategi yang tepat. Peran manajemen pemasaran sangat penting dalam menciptakan produk yang inovatif dan menentukan target pasar, serta mengkomunikasikan nilai produk tersebut kepada konsumen dengan cara yang menarik. Pendekatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Sido Muncul melalui Shopee Live menunjukkan adanya pergeseran cara pandang dalam dunia pemasaran, bukan hanya sekadar menjualkan produk namu juga membangun pengalaman yang menyenangkan dan interaktif bagi para konsumen. Di era digital saat ini, strategi pemasaran tidak lagi hanya berfokus pada penjualan namun lebih pada memahami kebutuhan, membangun hubungan, dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Melalui live streaming Shopee Live, Sido Muncul tidak hanya menampilkan produk secara visual namun juga melibatkan kehadiran host untuk menjelaskan manfaat produk, menjawab pertanyaan konsumen secara langsung, memberikan edukasi kesehatan, hingga menciptakan kesan akrab dan menyenangkan melalui sapaan personal dan interaksi real-time. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Sido Muncul Official, Shopee Live

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 21 Jun 2025 07:26
Last Modified: 21 Jun 2025 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76913

Actions (login required)

View Item View Item