ANALISIS RENCANA STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN RAWAT JALAN (Studi Kasus Pada RSUD Sayang Kabupaten Cianjur)

Irawan, Aldos (2025) ANALISIS RENCANA STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN RAWAT JALAN (Studi Kasus Pada RSUD Sayang Kabupaten Cianjur). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ALDOSIRAWAN_MMRS.docx

Download (56kB)

Abstract

Setiap manusia dapat mempunyai kehidupan yang produktif secara sosial dan ekonomi apabila berada dalam keadaan sejahtera baik fisik, mental, maupun sosial yang dikenal dengan istilah Sehat. Sehat juga merupakan hak asasi manusia dan investasi jangka panjang dalam mensejahterakan pertumbuhan nasional. Rumah sakit yang dahulu tidak memikirkan masalah untung rugi karena semata-mata didirikan untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan, saat ini membuka peluang bisnis sehingga menimbulkan dampak jumlah rumah sakit semakin terus bertambah meningkat membuat setiap rumah sakit saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Tujuan Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal di RSUD Sayang Kabupaten Cianjur, mengetahui kondisi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di rumah sakit tersebut. Dengan mengetahui segala aspek tersebut dapat dibuat rancangan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kunjungan pasien rawat jalan. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam (in depth interview) serta mengamati secara langsung kondisi RSUD Sayang Kabupaten Cianjur di lapangan. Hasil penelitian tersebut ditemukan adanya beberapa alternatif strategi yang akan dipilih dari Matriks TOWS, Matriks IE, Matriks Grand Strategy, dan Matriks QSPM dimana strategi tersebut menitikberatkan pada hal yang berkaitan. Kemudian dapat dilakukan juga berbagai tahapan strategi pemasaran dan bauran pemasaran (Marketing Mix 7-P) pada rumah sakit tersebut. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks TOWS, Matriks IE, Matriks Grand Strategy, Matriks QSPM, Marketing Mix 7-P

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:42
Last Modified: 20 Jun 2025 06:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76909

Actions (login required)

View Item View Item