MODEL CIRC BERBASIS BING AI DALAM MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF DAN BERPIKIR KRITIS

Kristiyanto Putra, Awan (2025) MODEL CIRC BERBASIS BING AI DALAM MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF DAN BERPIKIR KRITIS. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Draf Jurnal Awan K. Putra.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis Bing AI (Copilot) terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experiment bentuk pre test and post test control group design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing terdiri dari tujuh kelompok belajar. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan menulis, tes kemampuan berpikir kritis, angket respon siswa, dan lembar observasi aktivitas belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor post-test keterampilan menulis dan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji independent sample t-test menunjukkan bahwa perbedaan tersebut signifikan secara statistik, dengan nilai Sig. (2-tailed) masing-masing sebesar 0,020 (menulis) dan 0,000 (berpikir kritis). Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran berbasis Copilot, dengan rerata nilai 75,00 dan persebaran yang stabil. Hal ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi AI dalam pembelajaran kolaboratif berkontribusi dalam menguatkan keterampilan abad 21, khususnya dalam membangun argumen dan bernalar kritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model CIRC berbasis Copilot efektif dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih terarah, reflektif, dan bermakna. Kata Kunci: CIRC, Copilot, menulis paragraf argumentatif, berpikir kritis, pembelajaran kolaboratif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 20 Jun 2025 06:35
Last Modified: 20 Jun 2025 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76908

Actions (login required)

View Item View Item