Nur Rohmah, Sari and G Kartasasmita, Bana and Yaniawati, Poppy (2025) Development of M-Learning-Based Geometry Teaching Materials Oriented Toward Problem-Solving Ability and Self-Regulated Learning in SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
Abstrak_Sari Nur Rohmah_MPM_218060023.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
Jurnal_Sari Nur Rohmah_MPM_218060023.pdf Download (112kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar geometri berbasis mobile learning (m-learning) dan mengevaluasi pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah serta self-regulated learning (SRL) peserta didik SMK. Model pengembangan ADDIE digunakan dalam penelitian ini, meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMK Pasundan 2 Banjaran. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket SRL, validasi ahli, serta wawancara. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahan ajar tergolong layak hingga sangat layak. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan nilai efektivitas (d = 0,24) yang tergolong lemah. SRL peserta didik dalam kelompok eksperimen berada pada kategori berkembang. Terdapat korelasi sedang antara kemampuan pemecahan masalah dan SRL pada kelompok eksperimen (r = 0,412), dan korelasi kuat pada kelompok kontrol (r = 0,775). Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar mlearning memberikan kontribusi positif.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 02:03 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 02:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |