Fatimah, Nurul (2025) Development of Problem Based Learning-Oriented Interactive Multimedia to Improve Learning Motivation and Its Implications for Students’ Mathematical Literacy. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
228060015_Nurul Fatimah_MPM_.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_nurul.docx Download (19kB) |
Abstract
Rendahnya motivasi belajar dan kemampuan literasi matematis peserta didik menjadi permasalahan yang masih sering dijumpai dalam pembelajaran matematika di sekolah. Peserta didik cenderung pasif, kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, serta mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan konteks kehidupan nyata. Hasil survei PISA 2022 menunjukkan bahwa literasi matematis peserta didik di Indonesia masih rendah, dengan skor rata-rata 366 dan peringkat 70 dari 85 negara. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi dan meningkatkan literasi matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berorientasi Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan literasi matematis peserta didik pada materi barisan dan deret aritmetika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Alessi dan Trollip. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Respon peserta didik terhadap multimedia interaktif berorientasi PBL juga menunjukkan keterlibatan yang tinggi. Pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berorientasi PBL menunjukkan motivasi belajar dan kemampuan literasi matematis peserta didik lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu, terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan literasi matematis. Oleh karena itu, multimedia interaktif berbasis PBL dapat dijadikan alternatif media yang efektif untuk mendukung pembelajaran matematika yang kontekstual dan bermakna. Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif, problem based learning, R&D, motivasi belajar, literasi matematis.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:00 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |