PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA SCRAPBOOK BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK FASE F DI SMA NEGERI 2 BANDUNG

Listiana Koswara, Evi (2025) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA SCRAPBOOK BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK FASE F DI SMA NEGERI 2 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS (PERPUS) 228090008 EVI LISTIANA KOSWARA.docx

Download (56kB)

Abstract

Koswara, Evi Listiana 2025. “Pembelajaran Menulis Cerpen Dengan Media Scrapbook Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Fase F Di Sma Negeri 2 Bandung”. Tesis Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas Pasundan, Pembimbing (1) Dr. Hj. R. Panca Pertiwi Hidayati, M.Pd. (II) Dr. Supian. Kata Kunci: Menulis Cerpen, Media Scrapbook, Berpikir Kreatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menulis cerpen menggunakan media scrapbook yang berorientasi profil pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bandung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal pretest, posttest, dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan awal menulis cerpen peserta didik kelas eksperimen (XI-K) dan kelas kontrol (XI-I) SMAN 2 Bandung dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kemampuan awal menulis cerpen pada kelas eksperimen yaitu 61,80 dan pada kelas kontrol yaitu 62,22. Sedangkan kemampuan awal berpikir kreatif pada kelas eksperimen yaitu 49,33 dan kelas kontrol yaitu 47,00. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal menulis cerpen dengan kemampuan menulis cerpen pasca penerapan model Discovery Learning bermedia scrapbook di kelas XI-K. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 61,80 dan rata-rata posttest sebesar 88,05. Artinya, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 26,25. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan media scrapbook dan media gambar penerapan model Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran eskpositori hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 78,30 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 73,90.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 14 Jun 2025 02:08
Last Modified: 14 Jun 2025 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76850

Actions (login required)

View Item View Item