PENGARUH KEMASAN PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING

Ramdhan Nurdiansyah, Dian (2025) PENGARUH KEMASAN PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP IMPULSE BUYING. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal_Dian Ramdhan N (218020151).docx

Download (476kB)

Abstract

Pergeseran pola perilaku konsumen dalam membeli produk ritel menjadi fenomena baru di Masyarakat, konsumen cenderung memilih toko yang nyaman dan menarik, memiliki produk yang beragam, serta penawaran khusus pada produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemasan produk dan promosi penjualan terhadap impulse buying konsumen pada Indomaret Cihampelas.. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 80 responden yang merupakan konsumen aktif di Indomaret Cihampelas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan produk berpengaruh positif terhadap impulse buying. Begitu pula, promosi penjualan terbukti memiliki pengaruh signifikan, bahkan lebih dominan dibandingkan kemasan produk. Secara simultan, kedua variabel ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap kecenderungan konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran khususnya di sektor ritel, bahwa desain kemasan yang menarik dan promosi yang tepat dapat meningkatkan keputusan pembelian secara spontan. Temuan ini diharapkan menjadi masukan bagi pelaku usaha dalam merancang strategi pemasaran yang adaptif terhadap perilaku konsumen. Kata Kunci: Kemasan Poduk, Promosi Penjualan, Impulse Buying, Produk Ritel

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:27
Last Modified: 04 Jun 2025 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76829

Actions (login required)

View Item View Item