MARLIA (2022) PETA JALAN MERDEKA BELAJAR (Korelasi Kebijakan dengan Linguistik dan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional). Wistara, 5 (1). pp. 71-81. ISSN e-ISSN:2722-3159
![]() |
Text
Peta Jalan Merdeka Belajar_Wistara_Publish.pdf Download (464kB) |
Abstract
Setiap kebijakan yang disusun pemerintah, tentunya dilakukan sebagai bentuk evaluasi dan penuh pertimbangan, termasuk kebijakan dalam bidang Pendidikan. Salah satu kebijakan dalam Pendidikan tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). UU No. 20 Tahun 2003 ini pun dipersepsikan dan direalisasikan dengan kebijakan lain yang bergantung kepada para pemangku kepentingan, dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Di Indonesia, sudah menjadi lazim, ganti menteri ganti kebijakan. Kajian ini akan difokuskan pada kebijakan “Merdeka Belajar” Nadiem Anwar Makarim yang tentunya akan dikaitkan dengan UU No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Berdasarkan analisis, ditemukan bahwa secara keseluruhan peta jalan “Merdeka Belajar” yang diusung Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim sangat sesuai dengan isi UU No. 20 Tahun 2003. Hal ini terbukti dengan adanya korelasi yang signifikan antara strategi dan sistem yang ditawarkan dengan konten pasal-pasal dalam UU Sisdiknas tersebut. Dengan demikian, peta jalan yang tercermin dalam kebijakan “Merdeka Belajar” berindikasi dapat merealisasikan seutuhnya tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang dimaksud dalam UU No. 20 Tahun 2003 Kata kunci: peta jalan, merdeka belajar, sisdiknas, UU Nomor 20 Tahun 2003
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | +6281220051693 |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2018 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:53 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/76826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |