Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD

HARMAEN, Dheni and DAHLAN, Taufiqulloh and ROHIMAH, Siti Maryam and NURQODARIYAH, Ghina Utamy (2024) Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 14 (1). pp. 300-306. ISSN e-ISSN: 2549-2594

[img] Text
B4.6 11791-Article Text-51344-1-10-20240109.pdf

Download (274kB)
Official URL: journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/vie...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi pengumpulan dan penyajian data. Kemampuan pemahaman konsep matematis belum tercapai sesuai dengan harapan, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan perbedaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang dibuktikan oleh uji effect size sebesar 0,915 dengan interpretasi dalam kategori besar. Kata Kunci: model Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan konsep matematis

Item Type: Article
Additional Information: +6285798806993
Divisions: Dokumen Unpas > 2018
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 May 2025 02:13
Last Modified: 22 May 2025 02:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75365

Actions (login required)

View Item View Item