RACHMAN, Zulfikar Ali and PRAJA, Azis Lukman and ROHIMAH, Siti Maryam (2023) Hubungan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15 (02). pp. 42-47. ISSN e-ISSN: 2460-2175
![]() |
Text
B4.4 9252-24502-1-PB.pdf Download (169kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan minat membaca dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri se-Desa Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung yaitu di SDN Cilampeni 1, SDN Cilampeni 2, SDN Cilampeni 3, SDN Katapang, SDN Babakan Sondari 1, dan SDN Babakan Sondari 2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian korelasional. Jumlah populasi yaitu 355 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan didapatkan 235 dengan responden yang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji statistik deskriptif dan uji korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel minat membaca dengan variabel prestasi belajar. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebasar 0,000 < 0,05 berarti terdapat hubungan positif antara minat membaca dengan prestasi belajar siswa. Diperoleh nilai korelasi sebasar 0,447 termasuk dalam kategori cukup. Diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 20%, berarti minat membaca memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup yang positif antara minat membaca dan prestasi belajar dan variabel minat membaca memberikan kontribusi sebesar 20% terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Minat Membaca; Prestasi Belajar; Sekolah Dasar
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | +6285798806993 |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2018 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 May 2025 09:22 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |