NURDIANSAH, Yusup and ROHIMAH, Siti Maryam and PUTRI, Sarah Anida and ANAYA, Salma Nur (2023) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik SD Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Articulate Storyline. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8 (2). pp. 265-276. ISSN e-ISSN: 2548-2297 • p-ISSN: 2548-2297
![]() |
Text
B4.5 Symmetry Desember 2023.pdf Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada peserta didik kelas II SD melalui model problem based learning berbantuan media articulate storyline. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test and post-test one group design. Penelitian ditujukan kepada peserta didik kelas II di SDN 066 Halimun Kota Bandung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh peserta didik kelas II SDN 066 Halimun. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas II-C sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian kemampuan matematis, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menguji hipotesis dengan menggunakan software SPSS Statistic 26.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline dengan model pembelajaran problem based learning berjalan dengan baik. Dari hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media articulate storyline. Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik dari hasil uji gain ternormalisasi yaitu 0,45 dengan kategori peningkatan sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | +6285798806993 |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2018 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 May 2025 08:59 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |