Karlina, Alin and Harmaen, Dheni and Marlia (2022) KETERBACAN BAHAN AJAR SMA/SMK KELAS X PADA BAB VIII MENDALAMI PUISI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08 (02). pp. 1628-1636. ISSN E-ISSN : 2614-722X (ONLINE) ISSN : 2477-5673 (PRINT
![]() |
Text
466-Article Text-1848-1-10-20221215.pdf Download (211kB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar di sekolah tak jarang masih ditemukannya suatu kendala memahami sebuah materi dalam bahan ajar. Berdasarkan data yang didapatkan oleh peneliti terkait dengan buku teks Bahasa Indonesia kelas X edisi revisi 2017, khususnya mengenai materi mendalami puisi pada bab VIII bahwa peserta didik mengalami kesukaran dalam memahami isi dari diksi yang dituangkan dalam bait-bait puisi dan peserta didik mengalami kesulitan dalam menyimpulkan makna keseluruhan dari diksi yang terdapat dalam teks puisi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu menunjukkan dan mendeskripsikan tingkat keterbacaan teks puisi pada buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi 2017, serta mendeskripsikan relevansi teks puisi kelas X terhadap pemahaman siswa. Deskriptif kualitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam proses penelitian ini. Analisis keterbacaan menggunakan rumus grafik Fry, wacana teks puisi J1 “Sajak Anak Muda” (W. S. Rendra) berada pada kelas pembaca 8, kode J2 “Doa” (Chairil Anwar) masuk pada kelas pembaca Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X Volume 08 Nomor 02, Desember 2022 1629 4, kode J3 “Telah Kau Robek Kain Biru pada Bendera Itu” (Aming Aminoedin) masuk dalam kelas pembaca 8, kode j4 “Sajak Matahari” (W. S. Rendra) berada pada kelas pembaca 7, kode J5 “Ibu” (D. Zamawi Imron) berada pada kelas pembaca 8. Masih terdapat siswa yang kurang mampu dalam memahami dan masih mengalami kesukaran dalam menyimpulkan teks puisi yang disajikan. Hal demikian dianggap tidak relevan dengan hasil analisis keterbacaan yang didapatkan, karena berdasarkan hasil analisis indeks keterbacaan lima teks puisi yang disajikan tersebut adalah rendah, dan menunjukkan bahwa daerah pembacanya berada pada tingkatan kelas pembaca 7, 8, dan 9 SMP/MTs sederajat yang artinya berada di bawah kelas 10. Kata Kunci: Keterbacaan, Buku Teks, Grafik Fry
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | +6281220051693 |
Divisions: | Dokumen Unpas > 2018 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:13 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |