Husni Aziz, Gina and Budiarti, Any (2025) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR TEKS ANEKDOT DENGAN METODE GAME BASED LEARNING BERBANTUAN GIMKIT UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK FASE E SMK PASUNDAN 1 CIANJUR. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
Gina_Husni_Jurnal_MPBSI_238090006.doc Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pembelajaran teks anekdot khususnya dalam mengidentifikasi struktur teks anekdot masih rendah. Hal ini disebabkan bahwa kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot pada peserta didik belum optimal dan masih ada beberapa yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi struktur teks anekdot. Serta penggunaan metode yang kurang inovatif dan kreatif yang dapat memfasilitasi peningkatan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode Game Based Learning berbantuan Gimkit. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur teks anekdot serta untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik. Adapun pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penulis telah menyusun hasil penelitian ini setelah melakukan penelitian pada kelas X SMK Pasundan 1 Cianjur, diantaranya kelas X MPLB 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MPLB 1 sebagai kelas kontrol. Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 71 yang kemudian mengalami peningkatan pada hasil rata-rata posttest menjadi sebesar 91,5. Sedangkan hasil rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 70 yang mengalami peningkatan pada hasil rata-rata posttest sebesar 80. Dilihat dari data nilai rata-rata yang telah penulis temukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode Game Based Learning berbantuan Gimkit dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur teks anekdot dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik uji wilcoxon mendapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) kelas eksperimen yaitu 0,000 yang berarti kurang dari 0,005. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode Game Based Learning berbantuan Gimkit dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot dan kemampuan berpikir peserta didik. Kata Kunci: Game Based Learning, Gimkit.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 10 May 2025 02:02 |
Last Modified: | 10 May 2025 02:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |