MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TUTORIAL YOUTUBE DALAM MENULIS CERITA FANTASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI FASE D KELAS VII SMP NEGERI 2 KATAPANG TAHUN PELAJARAN 2024 - 2025

Aprilani, Gita (2025) MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TUTORIAL YOUTUBE DALAM MENULIS CERITA FANTASI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI FASE D KELAS VII SMP NEGERI 2 KATAPANG TAHUN PELAJARAN 2024 - 2025. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Gita Aprilani_Jurnal_MPBSI_238090010.doc

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak_adisi dan Gita.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi berdasarkan pengalaman pribadi dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunaakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix methode) tipe embedded. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Katapang. Instrument yang digunakan adalah lembar soal pretest, posttest dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses penerapan pelaksanaan model problem based learning berbasis tutorial youtube memberikan hasil lebih baik terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi berdasarkan pengalaman pribadi serta meningkatnya kemampuan berpikir kreatif; (2) kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi berdasarkan pengalaman pribadi dengan model problem based learning berbasis tutorial youtube mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dengan peningkatan kemampuan rata-rata 64,50 menjadi 80,92; (3) kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi berdasarkan pengalaman pribadi pada struktur teks dengan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model ekspositori nilai rata-rata akhir 70,80 berbanding dengan 42,20; (4) kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis cerita fantasi berdasarkan pengalaman pribadi pada struktur teks sebelum diberikan perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 53,40 menjadi 70,80; (5) kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbasis tutorial youtube lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 70,80 berbanding dengan 42,20; (6) model pembelajaran problem based learning berbasis tutorial youtube dapat memberikan pengaruh cukup baik terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, YouTube, Teks Cerita Fantasi, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 22 Apr 2025 06:35
Last Modified: 22 Apr 2025 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75138

Actions (login required)

View Item View Item