FENOMENA BONEKA LABUBU DI KALANGAN GENERASI Z BANDUNG

Shiddiqia, Nindy (2025) FENOMENA BONEKA LABUBU DI KALANGAN GENERASI Z BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (605kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
11. KATA PENGANTAR.pdf

Download (134kB)
[img] Text
12. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Boneka Labubu di Kalangan Generasi Z Bandung (Studi Fenomenologi Boneka Labubu Di Kalangan Generasi Z Bandung)”. Fenomena boneka Labubu merupakan sebuah fenomena yang mencerminkan bagaimana interaksi sosial dan media mempengaruhi perilaku dan identitas individu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan Generasi Z domisili Bandung mengenai boneka Labubu yang sudah mereka beli, seperti motif Generasi Z Bandung dalam membeli boneka Labubu, tindakan Generasi Z Bandung setelah membeli boneka Labubu, serta makna boneka Labubu yang sudah dibeli bagi kalangan Generasi Z Bandung tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yakni pendekatan kualitatif dengan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Teknik pengumpulan data peneliti bersumber dari studi kepustakaan dengan melihat referensi buku dan hasil penelitian sebelumnya, wawancara terhadap informan, serta observasi. Melalui serangkaian pengumpulan data, tergambarlah hasil penelitian yang didapati oleh peneliti. Diketahui bahwa beberapa motif Generasi Z Bandung membeli boneka Labubu diantaranya, karena sedang tren di media sosial sehingga mereka terus melihat banyak konten seputar boneka Labubu dan menimbulkan ketertarikan akibat karakteristik boneka Labubu yang lucu. Selain itu, adapun motif lainnya ialah karena ingin memiliki barang yang sama dengan selebriti yang disukai, serta lingkungan sosial mereka. Tindakan Generasi Z Bandung ketika telah membeli boneka Labubu adalah mayoritas dari mereka menjadikannya sebagai aksesoris gantungan tas, dan apabila sedang tidak digunakan mereka menyimpannya, untuk dijadikan sebagai hiasan atau pajangan ruangan. Motif merupakan dorongan untuk informan melakukan tindakan yang nantinya akan memunculkan makna. Karenanya setelah mewawancarai informan dapat diambil kesimpulan, dalam penelitian ini Generasi Z Bandung memaknai boneka Labubu setelah membeli adalah sebagai bentuk pemuasan diri dan kesenangan diri mereka. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyarankan untuk para Generasi Z terlebih yang berdomisili di Bandung agar lebih bijak untuk mengikuti sebuah tren di media sosial sebab sebuah tren bersifat sementara dan cepat sekali berubah seiring perkembangan zaman, serta memprioritaskan kebutuhan primer terlebih dahulu. Kata Kunci : Fenomenologi, boneka Labubu, Generasi Z

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:28
Last Modified: 21 Apr 2025 08:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75100

Actions (login required)

View Item View Item