PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ZENIUSLAND TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS III (Penelitian Quasi Eksperiment di SDN Inpres Cikahuripan)

GUSTANIA DILA, 205060075 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ZENIUSLAND TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SD KELAS III (Penelitian Quasi Eksperiment di SDN Inpres Cikahuripan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (174kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hal yang melatar belakangi pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika pada siswa di SDN Inpres Cikahuripan karena peserta didik menganggap bahwa pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang sulit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learningberbantuan aplikasi Zeniusland terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa SD kelas III. Oleh karena itu, untuk dapat mengetahui pengaruh hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Discovery Learningberrbantuan aplikasi Zeniusland kelas III. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Dsign kepada peserta didik kelas III SDN Inpres Cikahuripan. Jumlah keseluruhan peserta didik kelas III berjumlah 56, pada kelas III A berjumlah 29 peserta didik sedangkan III B sebanyak 27 peserta didik. Sampel penelitian yang diambil adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learningberbantuan aplikasi Zeniusland dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvesional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes, lembar observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji perbedaan rata-rata dengan SPSS versi 27. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran umum dalam proses pembelajaran, dan diperoleh peningkatan hasil belajar matematika yang menggunkan model Discovery Learningberbantuan aplikasi Zeniusland lebih tinggi dari pada menggunakan model konvensional, terdapat pengaruh tinggi yang menggunakan model Discovery Learningberbantuan aplikasi Zeniusland terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Zeniusland , Hasil Belajar Matematika, Peserta Didik SD.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:15
Last Modified: 21 Apr 2025 08:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75090

Actions (login required)

View Item View Item