ANITA NIA RAHMAN, 115060040 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KENAMPAKAN KERAGAMAN ALAM DAN BUATAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (40kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
Pernyataan keaslian skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (18kB) |
|
Text
Abstract.docx Download (21kB) |
|
Text
Kata pengantar.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (71kB) |
|
Text
BAB III Revisi.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (15kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
Abstract
Pada proses pembelajaran IPS materi kenampakan keragaman alam dan buatan di kelas VI SDN Banjaran VI, penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kerjasama dan hasil belajar siswa di kelas. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran, siswa hanya diperlakukan sebagai objek memperhatikan guru yang sedang menerangkan.Upaya yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang interaktif dan menarik.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banjaran VI dengan jumlah siswa 30.Instrumen yang digunakan diantaranya lembar evaluasi, dan lembar kerja kelompok.Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning yang dilakukan selama dua siklus menunjukkan peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap kerjasama dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Dengan perolehan hasil belajar siswa tiap siklusnya sebagai berikut, siklus I tingkat kerjasama siswa sebesar 67% sedangkan hasil belajar siswa sebesar 73,3 %, dan siklus II tingkat kerjasama siswa sebesar 86% sedangkan hasil kerjasama siswa sebesar 86,7%. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw. Dengan demikian model pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model cooperative learning teknik Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas, Pelajaran IPS, dan materi keragaman kenampakan alam dan buatan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 18:46 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 18:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7508 |
Actions (login required)
View Item |