PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT DEWI SRI KARAWANG

Purnama Aji Pratama, 194010364 and Dr. H. Popo Suryana, SE.,MSi, Pembimbing (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT DEWI SRI KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img] Text
cover skripsi purnama aji pratama.pdf

Download (38kB)
[img] Text
abstrak purnama aji pratama.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (603kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (562kB)
[img] Text
daftar pustaka purnama aji pratama.pdf

Download (257kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas pelayanan yang kurang baik dan fasilitas yang kurang baik sehingga berdampak pada rendahnya kepuasan pasien Rumah Sakit Dewi Sri Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Dewi Sri Karawang baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jumlah populasi sebanyak 873 orang dan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 69,3% sedangkan sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 46,6% serta fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 22,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2019
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 21 Apr 2025 04:55
Last Modified: 21 Apr 2025 05:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75064

Actions (login required)

View Item View Item