PENGARUH KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM SIMPING 97 PURWAKARTA

Kartika, Dina Yulfiana (2025) PENGARUH KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA UMKM SIMPING 97 PURWAKARTA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (192kB)

Abstract

Simping 97 adalah sebuah UMKM yang telah berdiri sejak Tahun 1997 dan didirikan oleh Ibu Enung Nurjanah yang bergerak dibidang industri khususnya di bidang kuliner dan makanan ringan khas Purwakarta. Simping menjadi daya tarik sendiri untuk sebagian orang karena rasanya yang sangat unik dan harganya yang sangat terjangkau. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut kesatu untuk mengetahui bagaimana gambaran umum mengenai UMKM Simping 97 Purwakarta, kedua untuk mengetahui bagaimana kondisi kemasan pada UMKM Simping 97, ketiga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemasan terhadap minat beli konsumen pada UMKM Simping 97 dan keempat untuk mengetahui bagaimana hambatan dan upaya kemasan Simping 97 terhadap minat beli konsumen. Tujuan baiknya untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemasan terhadap minat beli konsumen pada UMKM Simping 97. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan 60 responden. Teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan Uji validitas, Uji reliabilitas, Uji regresi sederhana, Analisis rank spearman dan Koefisien determinasi. Berdasarkan hasil koefisien determinasi maka peneliti mendapat hasil pengaruh kemasan terhadap minat beli sebesar 58,5% dan sisanya sebesar 41,5% adalah faktor yang tidak dilakukan penelitian. Hambatan – hambatan yang di hadapi UMKM Simping 97 mengenai minat beli konsumen adalah Inovasi bagi kemasan dan biaya produksi yang berdampak pada pembuatan kemasan. Saran dari peneliti sebaiknya UMKM Simping 97 lebih meningkatkan mutu dan inovasi pada aspek kemasan agar produknya dapat diminati konsumen dan memiliki nilai kemasan produk yang dipasrkan dan sebaiknya UMKM Simping 97 menggunakan alat yang lebih modern pada pembuatan kemasan agar hasilnya lebih terlindungi pada produk makanan yang dibuat. Kata Kunci : Kemasan, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2021
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:18
Last Modified: 21 Apr 2025 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75033

Actions (login required)

View Item View Item