PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment Siswa Kelas IV SDN Cigugur Girang 01)

PERTIWI WIDI AGNI, 205060052 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Experiment Siswa Kelas IV SDN Cigugur Girang 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (510kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (197kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar merupakan prestasi yang dicapai siswa melalui pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang di kuasai oleh siswa. Permasahalah ini banyak siswa yang hasil belajar matematika nya di bawah KKM, hanya sebagian saja yang memenuhi ketuntasan. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya model pembelajaran yang diberikan agar siswa aktif dalam pembelajaran khusus nya dalam pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar, perbedaan peningkatan hasil belajar dan mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk quasi eksperimen dan desain peneltian yang digunakan adalah prietiestposttiest control groiup diesign. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dibuktikan oleh uji effect size sebesar 1,01 dengan interpretasi dalam kategori tinggi. Sehingga peneliti mendapat kesimpulan bahwa terdapatnya pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Apr 2025 07:06
Last Modified: 17 Apr 2025 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74992

Actions (login required)

View Item View Item