GAMBARAN KECENDERUNGAN PEMILIHAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PESERTA BPJS DI KLINIK PRATAMA MEDIKA ANTAPANI

AKHSAN NAHDY HASRI RAMADLANI , 210010023, RAMADLANI AKHSAN NAHDY HASRI, 210010023 (2025) GAMBARAN KECENDERUNGAN PEMILIHAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PESERTA BPJS DI KLINIK PRATAMA MEDIKA ANTAPANI. Skripsi(S1) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Cover.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Bab II..pdf

Download (411kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Hasil Cek Turnitin.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pengesahann.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

Terdapat kesenjangan kepesertaan BPJS di klinik pratama tepatnnya pada Kota Bandung. Kepesertaan di klinik Pratama Medika Antapani adalah yang tertinggi dengan 59.975 peserta dibandingkan dengan klinik lainnya yang hanya mempunyai 20.000-30.000 kepsertaan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kecenderungan pemilihan pelayanan kesehatan pada peserta BPJS di klinik Pratama Medika Antapani yang memiliki kepesertaan BPJS tertinggi di Kota Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode potong lintang serta menggunakan teknik sampel acak sistematis dan responden berjumlah sebanyak 236 pasien klinik Pratama Medika Antapani. Data diambil menggunakan kuesioner. Didapatkan hasil bahwa seluruh responden memahami bahaya penyakitnya. Sebanyak 93% pasien pernah sembuh atau mendengar orang lain sembuh di Klinik Pratama Medika Antapani. Sekitar 64% pasien menilai waktu tunggu di klinik lama, sementara 83% menilai kualitas tenaga medisnya baik. Selain itu, 91% pasien menganggap informasi di klinik mudah dipahami, 96% menilai aksesnya mudah, 83% menilai sarananya lengkap, dan 89% menilai prasarana klinik bersih serta nyaman. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi eksternal banyak pasien yang menilai bahwa aksesibilitas ke klinik tersebut mudah, informasi mudah dipahami, prasarana dan sarana memuaskan serta kualitas pelayanan tenaga medisnya bagus, sedangkan waktu tunggu di klinik tersebut dinilai lama. Selain itu, dari sisi internal, persepsi terhadap penyakit pasien dinilai lebih baik dibandingkan dengan keyakinan terhadap manfaat kesehatan. Kata Kunci: Kota Bandung, Pemanfaatan pelayanan kesehatan, Peserta BPJS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Uncontrolled Keywords: Bandung city, BPJS Participants, Utilization of Healthcare Services
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Sarjana Kedokteran 2025
Depositing User: Mr Perpustakaan FK
Date Deposited: 08 May 2025 02:45
Last Modified: 08 May 2025 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74977

Actions (login required)

View Item View Item