PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KOLAM RENANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OBJEK WISATA AW STRAWBERRY KABUPATEN BANDUNG

Raida, Rifa Salma (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KOLAM RENANG TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA OBJEK WISATA AW STRAWBERRY KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (432kB)

Abstract

Objek penelitian wisata kolam renang AW Strawberry yang terletak di Kabupaten Bandung. Didirikan pada tahun 2004. Dalam perkembangannya, AW Strawberry menghadapi tantangan dalam mempertahankan kepuasan konsumen, terutama terkait kualitas pelayanan dan fasilitas kolam renang yang disediakan. Permasalahan utama teridentifikasi lambatnya respon karyawan dalam pelayanan tiket dan kurang memadainya fasilitas seperti ban renang dan peralatan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui gambaran umum pada objek wisata AW Strawberry Kabupaten Bandung (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan kondisi kualitas pelayanan, fasilitas kolam renang dan kepuasan konsumen pada objek wisata AW Strawberry Kabupaten Bandung (3) mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas kolam renang terhadap kepuasan konsumen secara parsial dan secara simultan pada objek wisata AW Strawberry Kabupaten Bandung (4) untuk mengetahui hambatan apa saja dalam kualitas pelayanan dan fasilitas kolam renang pada objek wisata AW Strawberry Kabupaten Bandung dan untuk mengetahui upaya mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner 92 responden yang pernah berkunjung ke kolam renang AW Strawberry. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, uji signifikansi simultan (uji F) dan parsial (uji T), serta koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya pengaruh masing-masing variabel terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas kolam renang (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y), dengan koefisien determinasi sebesar 59%. Sisanya, sebesar 41% dipengaruhi oleh faktor eksternal lain seperti harga, informasi, strategi promosi, dan media sosial yang dilakukan oleh pengelola. Daya tanggap karyawan yang kurang cepat serta keterbatasan fasilitas menjadi faktor utama penyebab menurunnya kepuasan konsumen. Faktor internal yang mempengaruhi meliputi kualitas sumber daya manusia dan kelengkapan fasilitas. Hambatan utama yang dihadapi adalah kurangnya tenaga kerja yang responsif dan terbatasnya jumlah fasilitas penunjang. Upaya yang telah dilakukan pihak AW Strawberry antara lain menambah jumlah tenaga kerja, meningkatkan pelatihan karyawan, memperbaiki fasilitas kolam renang, serta memperbarui sarana promosi untuk menarik kembali minat pengunjung. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:10
Last Modified: 17 Apr 2025 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74966

Actions (login required)

View Item View Item