AURA NADIA SHAFA, 205050047 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (878kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (824kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang penting untuk dimiliki siswa. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah. Tujuan pada Penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Mengetahui korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIII pada semester genap SMPN 38 Bandung tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 2 kelas berdasarkan pertimbangan. Instrumen Penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis edan angket Self-Regulated Learning. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis menggunakan Software IBM SPSS 22.0 for Windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Wordwall. Adapun korelasi tersebut bernilai positif. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Regulated Learning, Problem-Based Learning, Wordwall.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 09:02 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 09:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |