MEMBANGUN CITRA POSITIF PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS PASUNDAN MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATION

Hamzah, Nuril (2025) MEMBANGUN CITRA POSITIF PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS PASUNDAN MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIC RELATION. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penerapan model PENCILS (publications, events, corporate social responsibility, news, lobbying, and negotiation) berkontribusi dalam upaya membangun citra positif Universitas Pasundan. Dalam konteks persaingan di sektor pendidikan tinggi yang semakin kompetitif, menjaga reputasi yang baik menjadi aspek penting bagi institusi. Melalui analisis mendalam terhadap berbagai aktivitas Public Relations yang dijalankan oleh Universitas Pasundan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh mengenai peran strategis komunikasi dalam membangun hubungan yang positif dengan berbagai pemangku kepentingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis peran Public Relations Universitas Pasundan dalam mempertahankan citra positif institusi. Studi ini mengadopsi model bauran Public Relations “PENCILS” yang dikembangkan oleh Philip Kotler dan Thomas L. Harris sebagai kerangka analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations Univeritas Pasundan telah menjalankan strategi komunikasi bauran Public Relations PENCILS. Strategi komunikasi publications dengan melalui media online, media cetak, media massa dan konvesional. Event dengan cara menyelenggarakan job fair. Social Responsibility yaitu dengan melakukan pengandian masyarakat. News dengan membuat press release dan berita. Lobbying and Negotiations dengan melakukan pendekatan dengan masyarakat, pemerintah dan media. Dilihat dari persepsi, kognisi, motivasi dan sikap yang terbentuk di publik Universitas Pasundan mampu untuk membangun citra positif perusahaan. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Public Relations, Citra, Universitas Pasundan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 15 Apr 2025 02:10
Last Modified: 15 Apr 2025 02:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74851

Actions (login required)

View Item View Item