Bernama Yuan Farras, 195030047 (2025) ANALISIS GANGGUAN BERBAHASA PADA UJARAN KARNI ILYAS DI ACARA ILC SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ganggua berbahasa yang terdapat pada ujaran Karni Ilyas di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) episode “Koalisi Semakin Membingungkan, Siapa Sebenarnya “King Maker” ?”. Hasil analisis ini dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar bagi peserta didik kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang memiliki hasil yaitu berupa kalimat secara naratif. Sumber data dalam analisis ini yaitu video acara Indonesia Lawyers Club (ILC) serta beberapa sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan teknik menyimak dan mencatat. Secara umum, hasil analisis gangguan berbahasa ini mengandung satu jenis gangguan berbahasa yaitu gangguan berbicara yang terdapat dua jenis yaitu gangguan mekanisme berbicara akibat faktor pulmonal dan gangguan mekanisme berbicara akibat faktor laringal. Secara rinci analisis gangguan berbicara ini terdapat 19 kalimat gangguan mekanisme berbicara akibat faktor pulmonal dan terdapat 23 kalimat yang mengandung ganggaun mekanisme berbicara akibat faktor laringal. Selanjutnya, hasil analisis ini disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang berisi Kompetensi Dasar. Selain itu, hasil analisis ini juga disesuaikan dengan kriteria bahan ajar yang dinilai berdasarkan aspek isi, aspek kebahasaan, dan aspek penyajian. Kemudian, hasil analisis tersebut dijadikan perangkat pembelajaran dalam bentuk modul ajar yang bisa digunakan oleh peserta didik kelas IX SMP dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai teks diskusi. Kata kunci: Analisis, gangguan berbahasa, diskusi, bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 09:05 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 09:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |