PENGKARYAAN PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAMPAK SCREEN TIME PADA GENERASI Z DI KOTA BANDUNG. Muhamad Rafli Muttaqin: 206010010

Muhamad Rafli Muttaqin, Erna Nurmalinda, S.Sn., M.Sn. (2025) PENGKARYAAN PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL DAMPAK SCREEN TIME PADA GENERASI Z DI KOTA BANDUNG. Muhamad Rafli Muttaqin: 206010010. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
Muhamad Rafli Muttaqin_206010010_Tugas Akhir_Kampanye Sosial_Dampak Screen Time Pada Generasi Z_2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Aktivitas menatap layar atau screen time apabila dilakukan dalam waktu yang lama bisa memengaruhi fungsi mata, salah satunya adalah menyebabkan digital eye strain dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan mata minus. Digital eye strain dapat dicegah dengan melakukan pembatasan screen time paling maksimal dalam satu hari ialah selama 2 jam dengan jeda istirahat setiap 20 menit, melihat benda dengan jarak 6 meter atau 20 kaki, selama 20 detik. Penelitian terhadap aktivitas menatap layar atau screen time ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen pencarian data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara, selain metode diatas penulis juga menggunakan metode perancangan dengan pendekatan design thinking yaitu mencari permasalahan berdasarkan fenomena, isu dan opini, merumuskan masalah, perencanaan solusi dan desain, perancangan purwarupa, serta uji coba desain. Penelitian dan perancangan berfokus pada mahasiswa di Kota Bandung dengan kelompok usia Generasi Z. Berdasarkan hasil analisis bahwa kecenderungan Gen Z terhadap sosial media dan game sangat tinggi, terutama sosial media Tiktok dan Instagram, dengan kebiasaaan menatap layar dalam durasi yang lama yaitu sekitar 8,28 jam perhari dilakukan oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Pasundan dan rata-rata screen time 8,84 Jam perhari dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Berdasarkan hasil analisa menggunakan metode tersebut maka perancangan kampanye sosial mengenai menjaga kesehatan mata dan mencegah dampak screen time yang berlebihan menjadi sangat penting. Kampanye sosial akan menjadi media informasi serta edukasi dalam penyampaian mengenai tata cara mengurangi dampak yang ditimbulkan ketika terlalu banyak melihat layar. Kata Kunci: Screen time, Gen Z, Kesehatan Mata, Kampanye Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2024
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:30
Last Modified: 13 Jan 2025 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74591

Actions (login required)

View Item View Item