PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU DENGAN BOP SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survey Pada Guru Sertifikasi Paud RA Persis Di Wilayah Bandung Raya, Garut Dan Tasikmalaya)

KOMALASARI, INAYAH (2024) PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU DENGAN BOP SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Survey Pada Guru Sertifikasi Paud RA Persis Di Wilayah Bandung Raya, Garut Dan Tasikmalaya). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
INAYAH KOMALASARI_DIM.docx

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan kinerja guru PAUD di wilayah Bandung Raya, Garut, dan Tasik. Hasil analisis menunjukkan bahwa BOP memiliki skor rata-rata 3,253 dengan standar deviasi 0,436, yang menunjukkan kategori cukup baik hingga baik. Dimensi operasional kegiatan rutin memiliki skor tertinggi pada penyediaan alat tulis anak (3,956) dan bahan kebersihan (3,947), sementara skor terendah terdapat pada anggaran perjalanan dinas dan akomodasi. Dimensi operasional kegiatan non-rutin menonjol pada pelatihan guru (3,395) dan alat peraga (3,351), namun terdapat skor terendah pada anggaran sewa kegiatan dan transportasi. Peneliti menyarankan agar manajemen BOP lebih efisien agar dana digunakan sesuai peruntukannya, mencakup belanja operasional rutin dan non-rutin. Kinerja guru PAUD menunjukkan skor rata-rata 2,805–3,649 dengan standar deviasi 0,422, terbagi dalam empat dimensi: pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Pengaruh kompensasi finansial, kecerdasan emosional, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru juga dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa kompensasi finansial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dengan pengaruh total 13,7%. Kecerdasan emosional memiliki pengaruh lebih besar dengan pengaruh total 24,9%. Lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 13,3%. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (60,7%), dan dengan BOP sebagai variabel moderasi, pengaruh ini meningkat menjadi 66,4%. Peneliti menyarankan perbaikan pada manajemen BOP dan peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan supervisi. Kata Kunci: Bantuan Operasional Pendidikan (BOP),Kinerja Guru PAUD, Kompensasi Finansial, Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 06 Dec 2024 09:18
Last Modified: 06 Dec 2024 09:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74471

Actions (login required)

View Item View Item