UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN KORDON I PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

NUNUN HERAWATI, 115060093 (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN KORDON I PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (114kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
3. MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (751kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa, dikarenakan dalam proses pembelajaran IPA masih menggunakan metode tradisional dan siswa kurang dilibatkan secara aktif, sehingga menimbulkan kebosanan. Penelitian ini ditujukan pada penggunaan model problem based learning yang bisa digunakan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA terutama pada materi perkembangbiakan pada hewan. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA terutama pada materi perkembangbiakan pada hewan. Manfaat penelitian ini adalah agar dapat menambah keilmuan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, penulis dan lembaga. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Kordon I yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan peningkatan secara signifikan mulai dari siklus I rasa ingin tahu siswa mencapai 45% dan hasil belajar siswa mencapai 67%. Sedangkan pada siklus II rasa ingin tahu siswa mencapai 81,25% dan hasil belajar siswa mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model problem based learning mampu meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi perkembangbiakan pada hewan. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 15:38
Last Modified: 02 Aug 2016 15:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item