PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH UNTUK MEMINGKATKAN MUTU PELAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI SMK ISLAM TERPADU IQRO LELES)

Amalia Puspitasari Rahayu, Emma (2024) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH UNTUK MEMINGKATKAN MUTU PELAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS DI SMK ISLAM TERPADU IQRO LELES). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL EMMA NPM 218020062.docx

Download (660kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi manajemen sekolah guna meningkatkan mutu pelayanan akademik di SMK Islam Terpadu Iqro Leles. Saat ini, sekolah tersebut masih menggunakan sistem informasi yang bersifat manual, sehingga menyebabkan beberapa permasalahan seperti keterlambatan penyampaian informasi, kesulitan dalam pencarian data, dan kurang optimalnya mutu pelayanan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan sistem informasi manajemen sekolah yang terintegrasi dapat membantu meningkatkan mutu pelayanan akademik di SMK Islam Terpadu Iqro Leles. Sistem informasi ini dirancang berdasarkan analisis kebutuhan, analisis masalah, dan desain logis yang mencakup modul-modul seperti manajemen data siswa, manajemen data guru, manajemen data akademik, manajemen keuangan, dan manajemen surat menyurat. Implementasi sistem informasi manajemen sekolah yang efektif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan akademik, mempercepat penyampaian informasi, dan memudahkan akses data bagi stakeholder sekolah. Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Mutu Pelayanan Akademik, SMK Islam Terpadu Iqro Leles

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:13
Last Modified: 03 Dec 2024 02:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74292

Actions (login required)

View Item View Item