MODEL SYSTEM DYNAMICS KINERJA ORGANISASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BPS SE-BANDUNG RAYA DYNAMIC SYSTEMS MODEL OF ORGANIZATIONAL PERFORMANCE IN IMPROVING PUBLIC SERVICE QUALITY OF BPS IN BANDUNG RAYA REGION

Ahmaddien, Iskandar and Heru Purwanto, Bambang and Mulyana Abdul Aziz, Yaya (2024) MODEL SYSTEM DYNAMICS KINERJA ORGANISASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BPS SE-BANDUNG RAYA DYNAMIC SYSTEMS MODEL OF ORGANIZATIONAL PERFORMANCE IN IMPROVING PUBLIC SERVICE QUALITY OF BPS IN BANDUNG RAYA REGION. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Acceptance Letter.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
Abstrak Disertasi.docx

Download (16kB)

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai organisasi publik yang memberikan pelayanan statistik untuk masyarakat tentu perlu mengutamakan kualitas pelayanan publiknya. Namun, berdasarkan data capaian kinerja, hasil evaluasi impelementasi SAKIP, analisis sentimen, dan hasil prasurvei, diperoleh bahwa kinerja BPS se-Bandung Raya masih ditemukan permasalahan dan belum maksimal. Hal tersebut berimplikasi pada belum maksimalnya kualitas pelayanan publik di BPS se-Bandung Raya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kinerja organisasi yang dilaksanakan oleh BPS se-Bandung Raya, menganalisis faktor yang mempengaruhi dan menghambat belum efektifnya kualitas pelayanan publik, serta melakukan simulasi untuk mengetahui model kinerja yang efektif jika diterapkan di BPS se-Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dari hasil kuesioner untuk mengkaji implementasi kinerja organisasi yang telah dilaksanakan dan menganalisis faktor yang menghambat belum efektifnya kualitas pelayanan publik BPS se-Bandung Raya, SEM untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik, serta system dynamics untuk melakukan simulasi model kinerja yang efektif jika diterapkan di BPS se-Bandung Raya. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan yang berkaitan dengan strategi, proses, dan kapabilitas di BPS se-Bandung Raya. Hasil analisis SEM juga menunjukkan bahwa dari tiga dimensi ini, proses dan kapabilitas merupakan faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan BPS se-Bandung Raya. Ditemukan pula bahwa terdapat beberapa faktor yang menghambat efektivitas kinerja dan kualitas pelayanan. Faktor-faktor tersebut berkaitan dengan kepemimpinan transformasional, pelatihan terhadap SDM, teknologi dan informasi, serta integritas data. Setelah dilakukan simulasi system dynamics, diperoleh 5 skenario untuk dijadikan usulan kebijakan. Dari 5 skenario tersebut, diperoleh bahwa skenario V, yaitu integritas data, merupakan skenario yang paling baik karena mampu meningkatkan kinerja organisasi hingga 76,01% dan kualitas pelayanan hingga 70,82%. Dengan menerapkan kebaruan penelitian ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik BPS se-Bandung Raya.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:02
Last Modified: 03 Dec 2024 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74291

Actions (login required)

View Item View Item