PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PETA LINGKUNGAN

SOPIYAN ADIANSYAH, 115060165 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PETA LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (48kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
Motto.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB 1-5.docx

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil tes siswa terhadap mata pelajaran IPS khususnya pada materi peta lingkungan, yaitu masih dibawah KKM yang baru mencapai 32%, padahal target yang diharapkan rata rata mencapai 90%. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu hanya menggunakan metode ceramah, sehingga keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat minim. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tentang peta lingkungan melalui model NHT (Numbered Heads Together). Instrumen yang digunakan diantaranya adalah lembar observasi, LKK (Lembar Kerja Kelompok), soal evaluasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model NHT (Numbered Head Together) pada pemebelajaran IPS menunjukan menunjukan adanya peningkatan proses pembelajaran baik aktivitas siswa maupun hasil belajar siswa. Target penelitian dinyatakan berhasil jika pemahaman konsep belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan 90%. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I hasil pemahaman konsep siswa mendapatkan persentasenya 68% atau dapat dikatakan memiliki kategori kurang belum mencapai KKM yang ditentukan 90%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase diperoleh 86% atau dapat dikatakan dengan kategori baik belum mencapai KKM yang ditentukan 90%, dan pada siklus III diperoleh nilai dengan hasil persentase 93% yang sudah mencapai KKM yang ditentukan 90% atau dapat dikatakan memiliki kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang peta lingkungan. Diharapkan guru dapat mencoba mengkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut tentang poko bahasan lainnya pada pembelajaran IPS dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPS. Kata Kunci : NHT dan Hasil Belajar Siswa,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 15:18
Last Modified: 02 Aug 2016 15:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7424

Actions (login required)

View Item View Item