PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA MUTU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PASUNDAN KOTA BANDUNG

Sudeni, Erik (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA MUTU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PASUNDAN KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ABSTRAK + JURNAL ERIK S.docx

Download (263kB)

Abstract

Maksud dan tujuan dalam penelitian ini mengungkap pengaruh kepemimpinan situasional Kepala Sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru serta implikasinya terhadap mutu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pasundan di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode survei, sedangkan jenis penelitiannya bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengolahan data secara statistik dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah berpengaruh sebesar 2,5% terhadap kinerja guru, gaya kepemimpinan situasional yang kurang fleksibel atau tidak disesuaikan dengan situasi guru dan kondisi sekolah mungkin mengakibatkan pengaruh yang rendah terhadap kinerja. Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja berpengaruh sebesar 17,8%, mengindikasikan bahwa pemenuhan kebutuhan fisik, rasa aman, kasih sayang, penghargaan, dan aktualisasi diri mempengaruhi bagaimana guru berfungsi dalam pekerjaannya. Namun, pemenuhan motivasi yang lebih tinggi, seperti penghargaan dan aktualisasi diri, diperlukan untuk lebih meningkatkan kinerja guru. Pengaruh secara bersama terintegrasi variable kepemimpinan situasional Kepala Sekolah dan motivasi guru terhadap kinerja guru sebesar 20,3%. Artinya, kepemimpinan situasional kepala sekolah, motivasi kerja guru signifikan meningkatkan kinerja guru, sehingga berimplikasi untuk meningkatkan mutu sekolah. Kinerja guru yang memiliki dampak sebesar 69,0% terhadap mutu sekolah, jelas bahwa peran guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sangat berpengaruh terhadap mutu keseluruhan sekolah. Ini sesuai dengan berbagai teori yang menekankan bahwa efektivitas guru adalah inti dari keberhasilan sekolah, terutama dalam pencapaian standar pendidikan, kompetensi lulusan, dan pengelolaan pendidikan. Kinerja guru yang baik memberikan kontribusi besar pada perbaikan kualitas pendidikan di berbagai aspek yang berimplikasi positif mampu meningkatkan kualitas mutu sekolah SMP Pasundan 5, SMP Pasundan 6, dan SMP Pasundan 10, Kota Bandung. Kata Kunci: Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru, Mutu/Kualitas Sekolah.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:22
Last Modified: 08 Nov 2024 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74225

Actions (login required)

View Item View Item