PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDUNG KIWARI (Studi Kasus Poli Penyakit Dalam)

Jaya Setiadi Tanumiharja, Marvin and Juju, Undang and Setiawan, Heru (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPERCAYAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDUNG KIWARI (Studi Kasus Poli Penyakit Dalam). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
218020103_Jurnal.docx

Download (133kB)

Abstract

Dewasa ini setiap rumah sakit berlomba-lomba dalam mengunggulkan kualitas jasa agar dapat menarik konsumen. Untuk itu pihak manajemen rumah sakit harus dapat menyusun strategi-strategi dasar sebagai landasan awalnya. Strategi yang diterapkan harus mampu memengaruhi atau menarik minat konsumen. Kepercayaan merupakan salah satu faktor penting dalam pengembangan hubungan pemasaran. Rendahnya tingkat kepercayaan pasien diduga salah satu faktornya adalah karena rendahnya tingkat kepuasan pasien yang dirasakan oleh mayoritas masyarakat yang berobat ke sana. Pelayanan di poli penyakit dalam RSUD Bandung Kiwari menghadapi berbagai tantangan yang berdampak pada kualitas layanan yang diterima pasien, diantaranya masalah komunikasi kurang efektif antara dokter dan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan komunikasi efektif yang diberikan RSUD Bandung Kiwari guna mengukur besarnya pengaruh kepuasan terhadap kepercayaan pasien di rumah sakit tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Bandung Kiwari terukur sebesar 44,30%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan baik berkontribusi secara signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien. Pengaruh Komunikasi Efektif terhadap Kepuasan Pasien adalah 28,40%, menandakan bahwa komunikasi baik juga berperan penting dalam meningkatkan kepuasan pasien, meskipun pengaruhnya lebih rendah dibandingkan dengan kualitas pelayanan. Pengaruh Kepuasan terhadap Kepercayaan Pasien di RSUD Bandung Kiwari mencapai 74,10%, menegaskan bahwa tingkat kepuasan pasien memiliki kontribusi signifikan terhadap tingkat kepercayaan mereka terhadap rumah sakit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan meningkatkan kepuasan pasien, RSUD Bandung Kiwari dapat memperkuat kepercayaan pasien dan menciptakan hubungan lebih baik antara rumah sakit dan komunitas. Kata Kunci: kualitas pelayanan, komunikasi efektif, kepuasan pasien, kepercayaan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2024
Depositing User: Mr soeryana soeryana
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:44
Last Modified: 06 Nov 2024 04:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74219

Actions (login required)

View Item View Item