Putri Nadia Maharani, 205060148 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD (Penelitian Quasi Eksperimen Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Parakanlima Kabupaten Sukabumi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih terdapat hasil belajar peserta didik yang belum mencapai KKM di kelas V SDN 2 Parakanlima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design berupa Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes yaitu pretest dan posttest dan non tes berupa observasi. pretest posttest diberikan untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik, sedangkan obervasi untuk melihat proses pembelajaran pendidik dan peserta didik apakah pendidik sudah menerapkan Problem Based Learning berbantuan Quizizz dan apakah hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah menerapkan model Problem Based Learning. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sample purposive yang dimana pada teknik ini dari masing-masing kelas akan diambil 60% dari jumlah peserta didik tiap kelompok kelas. Teknik pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann Whitney dan Independent Sample T Test, uji effect size, dan uji N gain. Hasil penelitian menunjukkan mean pretest kelas eksperimen yaitu 63,85 dan kelas kontrol 62,31. Mean posttest kelas eksperimen 83,62 dan kelas kontrol 65,08. Pengujian Independent Sample T Test menunjukkan hasil bahwa nilai sig.(2-tailed) bernilai signifikansi 0,004 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Quizizz. Kata Kunci: Problem Based Learning, Quizizz, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 09:08 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 09:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74136 |
Actions (login required)
View Item |