PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI RANGKA

TRIA NURHANI, 115060032 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI RANGKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.docx

Download (85kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan skripsi.docx

Download (14kB)
[img] Text
3. Motto dan persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
4. surat pernyataan keaslian skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (586kB)
[img] Text
BAB III revisi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di sekolah dasar pada umumnya menggunakan model pembelajaran yang konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa kurang memiliki kemampuan berfikir kritis. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa, sedangkan hasil observasi pada pada kegiatan pembelajaran menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa masih kurang. Pemilihan model pembelajaran yang tepat menjadi kunci keberhasilan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learningmerupakan salah satu motivasi untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran, yang pada proses pembelajarannya menggunakan masalah nyata, proses dimana siswa belajar, baik ingatan maupun kemampuan berfikir kritis, dengan fokus pemecahan masalah, kerja kelompok, umpan balik, diskusi, dan laporan akhir. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar tes keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa berupa pre-test dan postes, lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket. Hasil penelitian dengan menerapkan dengan menggunakan model Problem Based Learning menunjukan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa meningkat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu hanya 49,11% dan pada siklus II meningkat menjadi 70,96%. Selain itu peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa juga bisa dilihat dari hasil tes bersamaan dengan hasil belajar siswa pada siklus I hanya 61,29% meningkat pada siklus II yaitu 87,09%. Berdasarkan penjalasan mengenai peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Rangka. Guru disarankan dapat memilih model pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 13:32
Last Modified: 02 Aug 2016 13:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7360

Actions (login required)

View Item View Item