UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Dika Deristian, 115060109 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER JUDUL SKRIPSI.doc

Download (33kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (34kB)
[img] Text
kata pengantar dan ucapan terimakasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II fix.docx

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.docx

Download (18kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cigumelor dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus 1 yaitu 66,66 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 75. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 56,61, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 70,48. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di kelas IV SDN Cigumelor. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: discovery learning, kerjasama, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 19:18
Last Modified: 01 Aug 2016 19:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7333

Actions (login required)

View Item View Item