PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT

ANI YULIANINGSIH, 115060283 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover skripsi.docx

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak English.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
BAB 1-BAB 5.docx

Download (741kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mekarsari terhadap pembelajaran IPS pada materi keragaman suku bangsa dan budaya setempat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa hanya 23,52% yang berada di atas KKM. Selain itu dengan melihat cara pembelajaran guru yang masih monoton dan kurang inovatif. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa yang terlihat dari setiap siklus. Hasil penilaian partisipasi siswa dari setiap siklus menunjukkan presentase partisipasi mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 72,99% siswa yang berpartisipasi aktif, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,68%. Peningkatan partisipasi siswa pada penelitian ini adalah 9,69%. Selain partisipasi hasil pretes menunjukkan siswa yang mencapai nilai KKM hanya 26,47%, sedangkan hasil postes siklus I menunjukan peningkatan menjadi 55,88%. Hasil postes siklus I menunjukkan peningkatan berjumlah sebesar 29,41% dari tes awal (pretes). Hasil postes siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 88,23%, terjadi peningkatan sebesar 32,35% dari hasil postes siklus I. Hal tersebut membuktikan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan partisipasi siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa dari pretes sampai pelaksanaan postes siklus I dan postes siklus II menunjukkan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan postes siklus II menunjukkan siswa mencapai KKM sebanyak 88,23%, hal tersebut melebihi target yang di tentukan penulis yaitu 80%. Kata Kunci: Problem Based Learning, Partisipasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 18:40
Last Modified: 01 Aug 2016 18:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7315

Actions (login required)

View Item View Item