KAJIAN KEBERLANJUTAN PENERAPAN BANK SAMPAH LEMBAGA DAN BANK SAMPAH SEKOLAH DASAR DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (Studi Kasus: Bank Sampah Induk dan Bank Sampah SD ARRAFI Kota Bandung)

Reiyana Andisa, Reyhan and Lili Mulyatna, DS and Yonik Meilawati Yustiani, Ds (2024) KAJIAN KEBERLANJUTAN PENERAPAN BANK SAMPAH LEMBAGA DAN BANK SAMPAH SEKOLAH DASAR DENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (Studi Kasus: Bank Sampah Induk dan Bank Sampah SD ARRAFI Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
173050026_Reyhan.pdf

Download (526kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Peningkatan timbulan sampah masih menjadi masalah di Kota Bandung sebagai dampak dari tingginya pertumbuhan penduduk dan kurangnya kesadaran masyarakat. Bank sampah telah mencoba mengambil peran dalam upaya mereduksi sampah di Kota Bandung. Banyaknya bank sampah yang dibangun, tidak disertai dengan pengelolaan yang baik, sehingga beberapa bank sampah hanya bertahan beberapa waktu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa, mengidentifikasi, dan membuat rekomendasi dari penilaian keberlanjutan bank sampah berdasarkan hasil penilaian kuesioner dari para ahli yang dipilih sebagai responden. Penelitian ini akan menggunakan metode Multidimensional Scaling (MDS) dengan bantuan perangkat lunak Rapfish excel untuk analisis keberlanjutan bank sampah. Hasil Rap-Ordinasi indeks bank sampah induk sebesar 62.24 dengan status “berkelanjutan”, dan Rap-Ordinasi indeks bank sampah sekolah dasar sebesar 61.57 dengan status “berkelanjutan”. Adapun atribut sensitif yang dihasilkan melalui perangkat lunak Rapfish excel sebanyak 10 atribut sensitif untuk bank sampah induk, dan 10 atribut sensitif untuk bank sampah sekolah dasar. Hasil atribut sensitif tersebut dapat dijadikan sebagai dasar perumusan rekomendasi untuk pengelolaan Bank Sampah Kota Bandung selanjutnya berdasarkan kondisi eksisting yang ada. Kata Kunci: Bank Sampah, Multidimensional Scaling, Rapfish

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 18 Oct 2024 08:14
Last Modified: 18 Oct 2024 08:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/73002

Actions (login required)

View Item View Item