KAJIAN KEBERLANJUTAN PENERAPAN BANK SAMPAH BERBASIS MASYARAKATDENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) (Studi Kasus: Bank Sampah Mandiri Mandalajati dan Bank Sampah RW 14 Tamansari Kota Bandung)

Ramadhan, Raja Faisal and Lili Mulyatna, DS and Yonik Meilawati Yustiani, Ds (2024) KAJIAN KEBERLANJUTAN PENERAPAN BANK SAMPAH BERBASIS MASYARAKATDENGAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING (MDS) (Studi Kasus: Bank Sampah Mandiri Mandalajati dan Bank Sampah RW 14 Tamansari Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
163050015_Raja Faisal Ramadhan.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci: Bank Sampah, Multidimensional Scaling, RAP-MULTIDIMENSI 11 Peningkatan timbulan sampah masih menjadi masalah di Kota Bandung sebagai dampak dari tingginya pertumbuhan penduduk dan kurangnya kesadaran masyarakat. Bank sampah telah mencoba mengambil peran dalam upaya mereduksi sampah di Kota Bandung. Banyaknya bank sampah yang dibangun, tidak disertai dengan pengelolaan yang baik, sehingga beberapa bank sampah hanya bertahan beberapa waktu. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh status keberlanjutan bank sampah berdasarkan kondisi eksisting yang ada saat ini menggunakan metode multidimensional scaling (MDS) dengan teknik ordinasi RAP-MULTIDIMENSI. Pemilihan metode ini akan bermanfaat untuk perumusan keberlanjutan bank sampah, terutama menilik kebiasaan nasabah diKota Bandung, dalam strategi marketing dan diversifikasi bisnisnya tanpa mengurangi esensi bank sampah sebagai bagian dari pengelolaan lingkungan. Hasil analisis RAP-MULTIDIMENSI menunjukkan bahwa indeks keberlanjutan dari bank sampah berbasis masyarakat sebesar 64.57 dengan status keberlanjutannya adalah "Berkelanjutan". Indeks tersebut dihasilkan dari penilaian para ahli dalam lingkup pengelolaan sampah khususnya bank sampah Kata Kunci: Bank Sampah, Multidimensional Scaling, RAP-MULTIDIMENSI

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:50
Last Modified: 18 Oct 2024 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72992

Actions (login required)

View Item View Item