Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Profitabilitas terhadap Environmental, Social, and Governance Disclosure (Studi pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2023)

Muhammad Fadjril Lubis, 204020106 and Isye Siti Aisyah, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing (2024) Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Profitabilitas terhadap Environmental, Social, and Governance Disclosure (Studi pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2023). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Abstraksi Penerapan keberlanjutan menjadi sangat penting saat ini. Salah satu bentuk penerapan keberlanjutan adalah dengan adanya implementasi Environmental, Social, Governance (ESG). Implementasi ESG memberikan keuntungan baik bagi perusahaan maupun lingkungan sekitar perusahaan. Implementasi ESG oleh perusahaan umumnya akan dikomunikasikan melalui pengungkapan atau yang biasa disebut ESG Disclosure. Tulisan ini menjelaskan pengaruh struktur kepemilikan dan profitabilitas terhadap ESG Disclosure. Struktur kepemilikan yang diteliti adalah kepemilikan institusional dan manajerial. Beberapa penelitian sebelumnya berkaitan dengan ESG Disclosure baik sebagian maupun keseluruhan menunjukkan hasil penelitian yang berbeda. Analisis pengaruh menggunakan metode analisis regresi robust berganda. Pemilihan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Perusahaan yang terpilih menjadi sampel sebanyak 53 perusahaan pada sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan rentang waktu periode 2019 – 2023. Analisis dilakukan dengan menggunakan aplikasi EViews 13. Hasilnya ditemukan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ESG Disclosure. Adapun kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap ESG Disclosure. Secara simultan, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap ESG Disclosure. Kata Kunci : Keberlanjutan, ESG Disclosure, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi 2020
Depositing User: Mr FEB-Parid -
Date Deposited: 17 Oct 2024 07:42
Last Modified: 17 Oct 2024 07:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72985

Actions (login required)

View Item View Item