Pengukuran Benda Kerja Menggunakan Touch Trigger Probe Pada Mesin CNC Dengan Basis Pemrograman Makro Measuring Workpieces Using Touch Trigger Probe On CNC Machines Based Macro Programming

Aditya Novianto, Nicholas and ade bagdja, ds and mohammad reza hernawan, ds (2024) Pengukuran Benda Kerja Menggunakan Touch Trigger Probe Pada Mesin CNC Dengan Basis Pemrograman Makro Measuring Workpieces Using Touch Trigger Probe On CNC Machines Based Macro Programming. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nicholas Aditya Novianto_213030079_Teknik Mesin.pdf

Download (681kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pengendalian mutu merupakan langkah operasional yang dilakukan di lini produksi untuk memperoleh produk yang memenuhi standar mutu yang dipersyaratkan. Pemastian mutu dari benda kerja hasil permesinan Computer Numerical Control (CNC), saat ini masih dilakukan dengan pengukuran yang dilakukan di luar mesin, misalnya dengan menggunakan micro-hite atau Coordinate Measuring Machine (CMM). Cara lain yang dilakukan saat ini adalah dengan melakukan pengukuran langsung saat benda kerja masih ada di dalam CNC (in process measurement). Dengan menggunakan instrumen sistem sensor ukur yang biasa disebut Touch Trigger Probe (TTP) dipasang di dalam CNC untuk proses pengukuran. Dengan cara ini, CNC bisa berfungsi sebagai CMM. Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu dapat melakukan pengukuran terhadap benda kerja pada saat benda kerja masih dicekam di dalam mesin CNC. Kelebihan dari metode ini adalah benda kerja yang dihasilkan bisa dipastikan baku mutunya sejak masih ada di dalam CNC. Dengan cara ini, pemenuhan dari standar toleransi yang ditetapkan dapat bisa langsung diketahui. Lebih lanjut data ukur benda kerja secara satu per satu bisa disimpan. Nantinya data ini akan digunakan sebagai kelengkapan mampu lacak/traceability. Program pengukuran dikembangkan dengan memanfaatkan program makro yang menjadi kelengkapan dari TTP Renishaw. Program yang dikembangkan diuji untuk kalibrasi serta melakukan pengukuran terhadap benda kerja, rumah komponen dan tutup dasar. Pada hasil pengukuran pertama rumah komponen, yang terdiri dari 7 (tujuh) bagian yang diukur, sebanyak 5 (lima) bagian tidak sesuai dan 2 (dua) bagian sesuai dengan nilai toleransi. Sedangkan, untuk pengukuran kedua tutup dasar, yang terdiri dari 5 (lima) bagian yang diukur, sebanyak 5 (lima) bagian sesuai dengan nilai toleransi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil pengukuran menggunakan TTP mempunyai keakuratan untuk mengukur benda kerja yang mempunyai nilai toleransi 0,1 mm hingga 0,5 mm. Dengan adanya pengukuran langsung di dalam mesin CNC diharapkan dapat mengetahui ukuran dimensi benda kerja secara langsung setelah dilakukannya proses permesinan. Kata kunci: CNC, program makro, teknik pengukuran, touch trigger probe, toleransi dimensi & geometri.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:23
Last Modified: 15 Oct 2024 03:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72538

Actions (login required)

View Item View Item