PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

JAMIL SITI NUR AISYAH, 205060004 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz terhadap peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik. Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik, yang dapat disebabkan oleh kurangnya keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment yang dilakukan di kelas IV SDN 068 Sindanglaya dengan jumlah populasi sebanyak 56 peserta didik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda, serta observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan IBM SPSS versi 29, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji Normalized N-Gain, dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Mann Whitney dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,0001 < 0,05, sehingga hipotesis diterima. Penggunaan model Problem Based Learning juga menunjukkan pengaruh yang positif pada kelas eksperimen, dibuktikan dengan hasil uji Effect Size dengan nilai 1,03 yang termasuk dalam kategori besar. Peningkatan ini juga dapat dilihat dari hasil perhitungan Normalized N-Gain sebesar 30% pada kelas kontrol dan 52% pada kelas eksperimen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 068 Sindanglaya. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Media Quizizz, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:17
Last Modified: 15 Oct 2024 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72537

Actions (login required)

View Item View Item