PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DAYEUHKOLOT 02

MUFIDAH, WAHYUNI, 205060108 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DAYEUHKOLOT 02. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
10.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang masih rendah, yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman pemecahan masalah peserta didik akan konsep atau cara penyelesaian dalam suatu masalah. Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurangnya model atau media yang inovatif dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pbl, (2) mengetahui pengaruh penggunaan model pbl terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) mengetahui perbedaan signifikan antara model pbl dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Dayeuhkolot yang terdiri dari 2 kelas yakni IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 53 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan Teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas IV SDN Dayeuhkolot 02. Hal ini terlihat dari hasil analisis data menggunakan IBM SPSS Statistic 2.7 yakni, (1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika di kelas eksperimen sebesar 0,4948 atau kategori sedang, (2) terdapat pengaruh penggunaan model pbl terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen sebesar 81,20. Selain itu, dilakukan analisis dengan uji t yang menunjukkan hasil nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,003 < 0,05. Dan (3) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan model pbl terlihat dari uji effect size sebesar 1,27 dengan kategori besar. Maka, dapat disimpulkan bahwa model pbl terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Oct 2024 09:27
Last Modified: 14 Oct 2024 09:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72527

Actions (login required)

View Item View Item