PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 LEMBANG (Penelitian Quasi Ekperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Lembang)

SHOFA, ANNISA ZAHIRA, 205060109 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 LEMBANG (Penelitian Quasi Ekperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di SDN 2 Lembang mengenai kemampuan berpikir kritis belajar IPAS peserta didik pada materi zat dan perubahannya kelas IV. Pada saat pembelajaran, masih ada peserta didik yang kurang minat belajar, sulit untuk memahami materi yang disampaikan guru, kurangnya fokus peserta didik dalam pembelajaran dan mengganggap materi IPAS sulit dan membosankan. Sehingga peserta didik pasif dalam pembelajaran, tidak bisa mengunggapkan pendapatnya sendiri. Peserta didik juga belum mencapai kemampuan berpikir kritis yang optimal, dikarenakan ketika diberikan stimulus peserta didik menjawab secara bersama-sama tidak berani mengunggapkan pendapat mereka sendiri. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dan kemampuan berpikir kritis belajar IPAS antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN 2 Lembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Teknik Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji normalitas, homogenitas, uji Mann-Whitney U dan uji effect size. Berdasarkan hasil perhitungan Mann-Whitney U dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapati hasil sebesar 2,10 dengan interpretasi effect sebesar 0,05 < 2,10 yang berarti dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS kelas IV SDN 2 Lembang. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Oct 2024 09:23
Last Modified: 14 Oct 2024 09:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72526

Actions (login required)

View Item View Item