SHOFA, ANNISA ZAHIRA, 205060109 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 LEMBANG (Penelitian Quasi Ekperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Lembang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di SDN 2 Lembang mengenai kemampuan berpikir kritis belajar IPAS peserta didik pada materi zat dan perubahannya kelas IV. Pada saat pembelajaran, masih ada peserta didik yang kurang minat belajar, sulit untuk memahami materi yang disampaikan guru, kurangnya fokus peserta didik dalam pembelajaran dan mengganggap materi IPAS sulit dan membosankan. Sehingga peserta didik pasif dalam pembelajaran, tidak bisa mengunggapkan pendapatnya sendiri. Peserta didik juga belum mencapai kemampuan berpikir kritis yang optimal, dikarenakan ketika diberikan stimulus peserta didik menjawab secara bersama-sama tidak berani mengunggapkan pendapat mereka sendiri. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dan kemampuan berpikir kritis belajar IPAS antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN 2 Lembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Teknik Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji normalitas, homogenitas, uji Mann-Whitney U dan uji effect size. Berdasarkan hasil perhitungan Mann-Whitney U dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapati hasil sebesar 2,10 dengan interpretasi effect sebesar 0,05 < 2,10 yang berarti dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS kelas IV SDN 2 Lembang. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 09:23 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 09:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72526 |
Actions (login required)
View Item |