PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SDN 255 GRIYA BUMI ANTAPANI

Butar Butar Gracia Mentari Tesalonika, 195060162 (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SDN 255 GRIYA BUMI ANTAPANI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh informasi efektifitas penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan bantuan aplikasi Quizziz terhadap pemahaman matematis siswa SDN 255 Griya Bumi Antapani. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen (quasi experimental). Populasi dalam penelitian adalah kelompok siswa kelas III SDN 255 Griya Bumi Antapani dalam pembelajaran Matematika. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear , uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji paired sample t test, uji independent sample t test dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan angka signifikansi 2-tail < ,001 yang berarti hasil nilai signifikansi yang di hasilkan <,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka, kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman matematis siswa dari hasil pretest dan posttest yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Aplikasi Quiziz pada kelas III SDN 255 Griya Bumi Antapani dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan pada tabel descriptive statistic nilai akhir rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,7 dan kelas kontrol sebesar 78,6. Dalam pengujian Independent Sample T test terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbantuan aplikasi Quizizz terhadap pemahaman belajar matematika menghasilkan 0,000. Dalam pengujian respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran Quizizz menggunakan media yaitu angket yang dilakukan dengan Google Form yaitu dengan hasil sebagaian besar (56,5%) siswa sangat setuju bahwa pembelajaran matematika menggunakan Quizizz menyenangkan, (54,5%) menyatakan bahwa siswa lebih bersemangat mengerjakan soal dengan menggunakan aplikasi Quizizz, sebagian besar (58,1 %) siswa setuju bahwa dengan media Quizizz membantu mengerjakan soal dengan benar, dan (63,6%) siswa lebih senang menggunakan belajar matematika dengan menggunakan media aplikasi Quizizz dari pada pembelajaran dengan media konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Aplikasi Quizizz, Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Oct 2024 09:23
Last Modified: 11 Oct 2024 09:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72486

Actions (login required)

View Item View Item