STRATEGI BISNIS PENGEMBANGAN DI UMKM JUS ABY DRINKS KABUPATEN BEKASI (STUDI KASUS : UMKM JUS)

SULAIMAN, ABDUL LATIP and Iman Firmansyah, DS (2024) STRATEGI BISNIS PENGEMBANGAN DI UMKM JUS ABY DRINKS KABUPATEN BEKASI (STUDI KASUS : UMKM JUS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Repository Abdul Latip Sulaiman_203010044 (3).pdf

Download (661kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Jus Aby Drinks merupakan UMKM yang didirikan oleh Ibu Hespiyana pada tahun 2022 dikawasan industri yang memiliki persaingan perdagangan cukup besar, dalam 3 bulan terakhir toko ini mengalami penurunan penjualan hal tersebut dikarenakan masih kurangnya pemasaran produk secara Online untuk menarik pelanggan, oleh karena itu peneliti akan meneliti tentang bagaimana meningkatkan penjualan dan melakukan pengembangan bisnis dari Jus Aby Drinks. Dalam melakukan penelitiannya, digunakan metode analisis SWOT, yang merupakan sebuah instrumen untuk mengidentifikasi berbagai faktor seperti Strengths, Opportunities, Weaknesses, dan Threats untuk merumuskan strategi pemasaran (Rangkuti, 2015), serta metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), yang merupakan alat untuk menyusun strategi serta melakukan evaluasi alternatif strategi secara objektif berdasarkan faktor-faktor keberhasilan Internal dan Eksternal yang telah diidentifikasi sebelumnya (David, 2009). Hasil analisis menunjukkan faktor Internal Jus Aby Drinks adalah 3,62. yang menunjukkan posisi indikator kuat, sedangkan untuk faktor Eksternal memiliki nilai sebesar 3,49 dan untuk total weighted Score pada Matriks IFE 3,62 dan EFE 3,49. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi dari Matriks SWOT mencakup implementasi dari Matriks IE yang menunjukkan bahwa posisi Jus Aby Drinks berada pada sel I. Plan action yang direkomendasikan meliputi memaksimalkan promosi melalui media sosial dan influencer, mendokumentasikan proses operasional, mencari kerja sama dengan influencer dan koperasi, menyediakan variasi menu jus sehat, serta memastikan sertifikasi halal untuk keberlangsungan usaha dan ekspansi di masa depan. Kata Kunci: Jus Aby Drinks, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), SWOT (Strengths, Opportunities, Weaknesses, dan Threats).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:25
Last Modified: 10 Oct 2024 03:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72449

Actions (login required)

View Item View Item