ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN GOLPUT PEMILU 2024 PADA MEDIA PIKIRAN-RAKYAT.COM DAN DETIK.COM

Fathurrahmansyah, Ilyasa (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN GOLPUT PEMILU 2024 PADA MEDIA PIKIRAN-RAKYAT.COM DAN DETIK.COM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. KATA PENGANTAR.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Pada pemilihan umum, terdapat beberapa istilah yang sering digunakan, baik sebelum maupun setelah proses pemungutan suara. Salah satu istilah tersebut adalah Golongan Putih atau Golput, yang merujuk pada warga negara yang memiliki hak pilih namun memilih untuk tidak menggunakannya. etidakikutsertaan kelompok ini dalam pemilihan umum menjadi tantangan bagi keberhasilan proses demokrasi. Oleh karena itu, hal ini menjadi perhatian yang signifikan bagi Indonesia, terutama dalam menentukan pemimpin nasional untuk lima tahun mendatang, khususnya di Jawa Barat yang mencatatkan tingkat Golput tertinggi. karena hal ini, peran media sangat dibutuhkan untuk mempengaruhi masyarakat dan menjalankan fungsi kontrol sosial dengan menkontruksikan realita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang berfokus pada analisis framing pemberitaan golput 2024 yang dimuat di pikiran-rakyat.com dan detik.com dengan model Zhongdang Pan dan Gerald M. kosicki dan teori konstruksi realita sosial. Peneliti tertarik untuk meneliti kedua media tersebut karena sama-sama memiliki nama yang besar di Jawa Barat sehingga dapat mempengaruhi masyarakat dengan lebih baik. prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, internet searching, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini meliputi pimpinan redaksi, dosen, serta pembaca berita. Hasil penelitian ini secara sintaksis media pikiran-rakyat.com lebih menggali tentang golput secara mendalam sedangkan untuk detik.com menyajikan berita golput dengan menonjolkan sosok seseorang dan tidak terfokus kedalam golput, secara skrip media pikiran-rakyat.com belum memenuhi unsur kelengkapan 5W+1H sedangkan detik.com dalam mengisahkan fakta sudah memenuhi unsur kelengkapan berita dengan memuat 5W+1H, secara tematik pikiran-rakyat.com menganggkat tema pendalaman golput untuk menanggapi keresahan para golongan putih sedangkan detik.com fokus mengangkat sosok dan pesan yang akan disampaikan namun untuk membahas tentang golputnya hanya disisipkan saja. secara retoris pikiran-rakyat.com menekankan fakta dengan memilih narasumber yang berkapasitas dalam bidangnya untuk membicarakan pemahamanya tentang undang-undang golput, sedangkan detik.com memlih narasumber berkapasitas yang dapat dijadikan sebagai fokus dan ditonjolkan sosoknya serta pesanya dalam isi berita. Dari keempat struktur itu terbukti bahwa pikiran-rakyat.com fokus kepada pendalaman dalam memberitakan berita golput 2024 sedangkan detik.com fokus kepada sosok seseorang dan hanya menyisipkan tentang golput diakhir dalam memberitakan berita golput 2024. Kata kunci: Framing, Media Online, Golput 2024

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:19
Last Modified: 08 Oct 2024 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72370

Actions (login required)

View Item View Item