PENGARUH KONSENTRASI DI-NATRIUM HIDROGEN PHOSPAT (Na2HPO4) DAN LAMA PERENDAMAN SORGUM TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench)

Yaqin, Ainal and Wisnu Cahyadi, DS and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS (2024) PENGARUH KONSENTRASI DI-NATRIUM HIDROGEN PHOSPAT (Na2HPO4) DAN LAMA PERENDAMAN SORGUM TERHADAP KARAKTERISTIK BUBUR INSTAN SORGUM (Sorghum bicolor (L.) Moench). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ainal Yaqin_173020074_Teknologi Pangan.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) merupakan tanaman multiguna yang dapat dimanfaatkan untuk sumber pangan, pakan, dan energi. Salah satu pengembangan olahan makanan yang mudah dikonsumsi secara praktis adalah bubur instan. Teknik pembuatan bubur instan sorgum dilakukan dengan cara kimia yaitu dapat dilakukan dengan perendaman menggunakan senyawa fosfat. Tujuan dari perlakuan ini adalah untuk menghasilkan butiran beras yang porous sehingga pada saat dilakuan penambahan air panas proses penyerapan air menjadi lebih cepat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konstentrasi senyawa Na 2HPO4 dan lama perendaman senyawa Na 2HPO4 terhadap karakteristik bubur instan sorgum. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari dua faktor yaitu konsentrasi senyawa Na2HPO4 dengan taraf 0,1%, 0,3%, dan 0,5%, dan lama perendaman sorgum dengan taraf 1 jam, 2 jam, dan 3 jam. Respon pada penelitian ini meliputi respon kimia (kadar air, kadar pati, kadar protein, kadar lemak, kadar serat kasar), respon fisik (daya serap air, volume pengembangan, cooking time), respon organoleptik uji hedonik (warna, tekstur, aroma, dan rasa). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor pengaruh konsentrasi senyawa Na2HPO4 (A) berpengaruh nyata terhadap karakteristik kimia (kadar pati dan protein), karakteristik fisik (daya serap air, volume pengembangan, cooking time), dan organoleptik uji hedonik (warna, aroma, tekstur). Faktor perendaman senyawa Na2HPO4 (B) berpengaruh nyata terhadap karakteristik kimia yaitu kadar pati dan protein, karakteristik fisik (daya serap air, volume pengembangan, cooking time). Hasil penelitian menunjukan bahwa kadar protein terbaik sebesar 6.93%, kadar pati 73.96%, kadar air 9.00%, kadar lemak 3.52%, dan kadar serat kasar 7.00%. Interaksi pengaruh konsentrasi senyawa Na 2HPO4 dan lama perendaman senyawa Na 2HPO4 berpengaruh nyata terhadap karakteristik kimia (protein), karakteristik fisik (daya serap air, volume pengembangan, cooking time). Kata kunci : Sorgum, Bubur, Di-Natrium Hidrogen Phospat, Instan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2024
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:43
Last Modified: 08 Oct 2024 05:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72363

Actions (login required)

View Item View Item