PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SEPIHAK TERHDAP TENAGA KERJA OUTSORCING DI GUDANG SHOPEE KOTA CIMAHI OLEH PT. BAROKAH AMANAH SENTOSA DALAM PERSEKTIF HUKUM KETENAGAKERJAAN

PUTRA ANTARASA, 171000132 (2024) PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA SEPIHAK TERHDAP TENAGA KERJA OUTSORCING DI GUDANG SHOPEE KOTA CIMAHI OLEH PT. BAROKAH AMANAH SENTOSA DALAM PERSEKTIF HUKUM KETENAGAKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB 2.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
H. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
I. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
J. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Tenaga kerja memiliki peranan penting dalam perusahaan khusunya yang bergerak dibidang jasa yang banyak mengakomodir banyak tenaga kerja untuk menjalakan perusahaan tersebut dimana para pekrja tersebut dapat mendorong pertumbuhan dan juga perekonomian perusahaan tersebut. Semakin banayaknya Angkatan kerja dinegara Indonesia maka semakin banyak pula manusia yang membutuhkan lapangan pekerjaan, namun tak sedikit pula pekerja yang sudah mengambdikan dirinya pada satu Perusahaan ataupun instansi mengalami PHK seperti pada Permasalahan yang terdapat dalam peneliatian ini yaitu: Bagimana pengaturan pemutusan hubungan kerja sepihak terhadap tenaga kerja outsorcing di Gudang Shopee Kota Cimahi oleh PT. Barokah Amanah Sentosa dalam perpektif hukum ketenagakerjaan?. Bagaimana kendala PT. Barokah Amah Sentosa menghadapi pekerja outsorcing yang di pekerjakan di Gudang Shopee Kota Cimahi?. Bagaimana penyelesaian/solusi yang mengakibatkan terjadinya pemutusan hubungan kerja sepihak kepada tenaga kerja outsorcing oleh PT. Barokah Amanah Sentosa yang di tempatkan di Gudang Shopee Kota Cimahi?. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan Deskriptif-Analitis yaitu menggambarkab suatu peraturan Perundang–Undangan yang berlaku dikaitan dengan teori–teori hukum serta pelaksaan hukum positif menyangkut pemasalahan yang diangkat dalam penelitian., Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan Yuridis-Normatif ialah peneliatan yang difokuskan untuk mengkaji penerapan norma dan hukum positif. Tahap penelitian menggunakan dua tahap yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan studi dokumen untuk memperoleh data melalui bahan-bahan kepustakaan dan studi lapangan berupa wawancara. Analis data menggunakan yuridis-kualitatif dalam penelitian ini tidak menggunakan data berupa angka melainkan data yang dihimpun dari penelitian lapangan berupa hasil dari wawancara dan juga data yang dihubungkan dengan peraturan peraturan terkait yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Hasil penelitian ini adalah pemutusan hubungan kerja sepihak oleh Perusahaan PT. Barokah Amanah Sentosa di Gudang Shopee Kota Cimahi kepada 8 (delapan) tenaga kerja Outsorcing di karenakan ada satu pekerja outsorcing melakukan pelanggaran yaitu pemungutan uang kepada calon pekerja harian hal ini yang menyebabkan terjadinya PHK sepihak yang berdampak terhadap pekerja outsorcing yang berimbas kepada hak pekerja yang belum terpenuhi oleh perusahaan hal ini menjadi permasalahan utama bagi pekerja yang meminta pemenuhan haknya bisa dipenuhi oleh Perusahaan permasalahan ini di selesaikan oleh Perusahaan dengan cara bipatri kepada 7 pekerja outsorcing dan untuk 1 pekerja masih belum ditemukan keberadaannya . Kata kunci Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak, Pekerja Outsorcing, Pemenuhan Hak Pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:41
Last Modified: 07 Oct 2024 08:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72304

Actions (login required)

View Item View Item